Inilah Cerita Mahfud MD Sering Diintimadasi

Mahfud MD diakui kredibilitas dan integritasnya sebagai Ketua MK

INILAH.COM, Bogor – Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengakui dia dan lembaga yang dia pimpin selalu mendapat intimidasi dalam memutuskan perkara oleh mafia hukum.

“Ada tekanan dan pengaruh keputusan melalui tekanan opini atau politik atau black mail,” ujar Mahfud saat berbicara dalam forum Evaluasi Kerja Satgas Pemberantasan Mafia Hukum di Istana Bogor, Rabu (22/12/2010).

Mahfud lalu bercerita secara blak-blakan saat dirinya menangani kasus gugatan Yusril Ihza Mahendra terhadap keabsahan jabatan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

“Menjelang putusan saya didatangi oleh seseorang yang minta agar MK nyatakan Jaksa Agung sah sampai akhir masa jabatannya. Jaksa Agung hanya kerja dan berhenti sampai ada SK Presiden,” tutur Mahfud.

Kemudian Mahfud menirukan suara pihak yang mendatanginya dengan setengah mengancam “Kalau Jaksa Agung itu ilegal, Indonesia jadi ribut, karena kami punya data hakim MK suap kami punya bukti A1.”

“Hakim Anda yang namanya Akil pernah terima uang di Kalbar untuk pemekaran daerah sudah diteken,” ujar Mahfud lagi menirukan pengancamnya.

Mahfud membantah Akil menerima suap. “Itu kwitansi 03 dan sudah clear di Kejagung. Kata Akil untuk biaya hotel pemda itu jamuan dan sudah clear,” kilahnya.

Karena itulah, Mahfud berpendapat agar hal-hal seperti itu yang terjadi di MK bisa dibongkar. “Silakan bongkar saja, saya minta anda bongkar ini tekanan,” tegasnya.

Untuk membongkar hal-hal seperti itu, Mahfud mengusulkan agar MK bisa diawasi oleh Komisi Yudisial (KY) dan Presiden bisa intervensi dalam mengatasi ulah mafia yang menekan MK untuk memutuskan perkara. [bar]

Inilah.com, 22 Desember 2010.

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Mahfud MD dan Mahkamah Konstitusi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s