“Open Source” untuk “Mahfud MD – Sri Mulyani for President 2014”

https://mahfudsrimulyani.wordpress.com/

Mengerahkan 100 blogger untuk mendukung kampanye positif MMD-SMI.

Dalam tulisan “Ini Dia Kendaraan Politik Mahfud MD dan Sri Mulyani”, saya berkesimpulan bahwa kendaraan politik Mahfud MD dan Sri Mulyani (MMD-SMI) di pilpres 2014 adalah popularitas dan elektabilitas mereka sendiri. Teorinya, naikkan dulu popularitas dan elektabilitas (yang dibuktikan dengan survei-survei terpercaya), baru buka pintu untuk pinangan parpol-parpol. Ciri khas parpol Indonesia yang pragmatis memungkinkan hal tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana meningkatkan popularitas dan elektabilitas pasangan ini? Beruntung MMD akan masih terus berkesempatan memproduksi isu-isu karena kiprahnya di MK dan perpolitikan nasional. Pembawaannya yang mudah merespon berbagai persoalan negara dengan komentar-komentarnya yang berbobot menjadikan MMD selalu menjadi news maker di media massa. Tetapi, bagaimana dengan SMI yang nyaris tanpa pemberitaan di media-media nasional setelah menempati posisi di World Bank? Haruskah memanggil pulang SMI lebih cepat lagi?

Mari fokus dulu soal popularitas dan elektabilitas. Satu hal yang berpotensi besar menjawab persoalan tersebut adalah kekuatan simpatisan dan pendukung MMD dan SMI khususnya. Kiprah cemerlang MMD dan citra integritasnya di Mahkamah Konstitusi bagaimanapun telah memancing apresiasi dan harapan sejumlah kalangan supaya MMS maju di pilpres 2014. Dan diam-diam, apresiasi dan harapan itu mulai terformulasikan menjadi sebentuk simpati dan dukungan.

Citra integritas juga tak pernah luntur dari sosok SMI, dan kini tercium gerakan-gerakan memajukan SMI di pilpres 2014. Grup Facebook “Kami Percaya Integritas Sri Mulyani” (yang membernya 130 ribu lebih) aktif memulihkan citra SMI dari kasus Century, lengkap dengan peluncuran buku “Mengapa Sri Mulyani”. Lalu, diluncurkan pula situs srimulyani.net sebagai wahana pewacanaan dan pencitraan oleh sekelompok tokoh pendukung SMI.

Nah, yang membuat saya penasaran, bisakah potensi simpati dan dukungan kepada kedua tokoh ini dibuat lebih masif sehingga berdampak pada popularitas dan elektabilitas mereka? Apakah srimulyani.net atau grup-grup di Facebook sendirian sanggup menjawab pertanyaan itu? Saya khawatir wahana tersebut hanya berefek pada “ceruk” pendukung yang sudah tercipta, tetapi tidak cukup memadai untuk memasifkan dampak popularitas dan elektabilitas.

Saat iseng membuat blog mahfudsrimulyani.wordpress.com, dan berhasil menyelesaikannya dalam semalam, tercetus ide begini; “Kenapa para simpatisan tidak digerakkan untuk membuat 100 blog pendukung MMD-SMI? Bukankah salah satu pendukung utama SMI adalah tokoh blogger nasional? Kalau internet dilimpahi oleh content pro MMD-SMI, bukankah itu kondusif bagi pewacanaan positif keduanya? Bukankah sangat strategis kalau ada sindikasi content blog?”

Bagaimana dengan content blog sebanyak itu? Mudah sekali… Semua opini pendukung dan simpatisan bisa dimasukkan. Analisis para pakar atau berita-berita positif bisa jadi menu utama. Diskusi-diskusi di berbagai grup, maling list, status Facebook, Twitter, semua bisa diramu dan ditampilkan. Juga foto-foto yang bertebaran di situs-situs berita dan sumber lainnya. Banyak blog dengan warna-warni dan selera masing-masing blogger pasti memperkaya pewacanaan. Kalau ada blogger sampingan yang hanya menduplikasi atau copy paste isi, ya silahkan sepanjang untuk misi yang sama. Kemudian buat yang pinter ilmu SEO pasti mudah membuat blog-blog tersebut menguasai mesin pencari macam Google dan Yahoo.

Apalagi yang bisa ditampilkan di blog-blog dukungan tersebut? Masih banyak lagi dan ini bisa diproyeksikan sebagai lumbung perangkat kampanye pada waktunya nanti. Blog bisa diisi ebook, booklet, alat peraga, poster-poster, desain brosur, desain kaos, teks spanduk, kreasi slogan, video kampanye, video testimoni, dll yang semua merupakan kreasi bebas para simpatisan. Ibarat program komputer atau wiki-wiki lainnya, perangkat pewacanaan dan pencitraan MMD-SMI ini menjadi “open source” di mana semua simpatisan (dengan aneka macam keterampilan dan profesi) bisa berpartisipasi untuk membuat, menyempurnakan, dan memperbanyak atas inisiatif sendiri.

Pada awalnya, mungkin hanya ada beberapa biji blog khusus MMD-SMI dan itu dibangun di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Tetapi seiring berjalannya waktu, tidak tertutup kemungkinan blog-blog itu bercabang atau beranak pinak di banyak provinsi, kota, dan kabupaten di seluruh Indonesia. Sehingga saat dibutuhkan oleh “sektor lapangan” nantinya, sektor internet sudah bisa memback-up semua informasi yang dibutuhkan untuk penggalangan dukungan langsung ke masyarakat.

Lalu pertanyaannya, apakah blog-blog itu nantinya sungguh-sungguh bisa menaikkan popularitas dan elektablitas MMD dan SMI? Saya tidak bisa memastikan. Tetapi yang saya yakin, baik MMD maupun SMI sendiri merupakan sosok-sosok yang menarik untuk selalu diberitakan maupun digosipkan media. Sedang blog-blog tersebut berpotensi menyebar luaskan wacana positif, memelihara dukungan, menjalin komunikasi antar simpatisan/pendukung, lumbung materi peraga kampanye, sumber gagasan strategi dan taktik, dan bloggernya pun suatu saat bisa diwadahi untuk aksi-aksi yang lebih konkret di lapangan. Siapa tahu kalau saat ini ada pesta blogger nasional, tahun 2011-2014 nanti ada pesta blogger MMD-SMI for President 2014-2019? Selamat ngeblog![tj]

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Gagasan Strategis, Strategi Pewacanaan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s