Terima Bingkisan Kurma dan Parsel, Mahfud Lapor ke KPK

Mahfud MD: Menolak pemberian dalam bentuk apapun.

JAKARTA–MI: Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (6/9). Kedatangan pria asal Madura tersebut adalah untuk melaporkan penerimaan hadiah yang ditakutkan berupa gratifikasi.

“Karena parsel bisa dianggap gratifikasi, maka demi kehati-hatian, meskipun nilainya kecil saya lapor ke sini. Nanti kalau mau dikembalikan ke saya, ya saya terima. Tapi kalau tidak ya tidak-apa-apa,” ujarnya.

Mahfud menyampaikan, hadiah yang diterimanya terkait dengan perayaan Idul Fitri tersebut adalah kurma dan parsel.

“Bentuknya itu dari Kerajaan Arab Saudi, ada 50 box kurma. Itu dikirim langsung ke kantor. Lalu saya bagi-bagi ke teman-teman. Tapi saya sisakan satu untuk dilaporkan ke sini. Lalu yang kedua itu parsel biasa. Ada kue-kue ada gula ada permen dari TPI,” paparnya.

Mahfud menegaskan dirinya menghargai pemberian yang disampaikan kedua pihak tersebut. Akan tetapi, demi menghindari dugaan gratifikasi, ia pun secara sukarela melaporkan langsung ke KPK.

“Saya menghargai pemberiannya tetapi harus saya laporkan juga ke KPK. Ini hanya untuk kehati-hatian saja dan sesuai dengan aturan bahwa pejabat itu dilarang menerima parsel. Itu saja yang saya lakukan. Saya menyempatkan ke sini karena aturannya kalau lewat dari 30 hari itu berarti dia lalai. Nanti keasyikan lebaran, lupa sudah lewat 30 hari, lupa tidak dilaporkan,” ujarnya lagi sembari tertawa.

Mahfud mengaku tak mengetahui pasti kenapa Arab Saudi sampai mengirimkan kurma kepada dirinya. Akan tetapi dirinya menegaskan tak ada satu pun dari kedua pihak tersebut yang sedang memiliki perkara di lembaga yang dipimpinnya, MK.

“Ndak ada. Jadi semua pejabat itu dapat kurma. Kalau TPI juga tidak ada. Tidak ada kepentingan apapun. Semua itu teman. Mereka tidak sedang berperkara. Cuma pertemanan saja. Toh untuk parsel, nilainya kecil. Di bawah Rp500 ribu,” pungkasnya. (CC/OL-3)

Media Indonesia, 6 September 2010.

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Integritas Mahfud MD. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

