KPK Mengaku Belum Miliki Bukti Korupsi di Century

KPK dan Sri Mulyani

Sri Mulyani dan Haryono Umar, Wakil Ketua KPK

Selasa, 18 Januari 2011, 13:40 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pengananan kasus Bank Century tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mereka tidak mendapatkan bukti-bukti yang menyatakan bahwa kasus tersebut adalah tindak pidana korupsi.

Menurut Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, Haryono Umar, dalam menangani kasus Bank Century, pihaknya sudah melakukan lima tahap pemeriksaan. Yaitu, pemeriksaan alat bukti, pemeriksaan keterangan saksi, pemeriksaan dokumen, pemeriksaan terdakwa, dan pemeriksaan petunjuk lainnya. Dari kelima tahap pemeriksaan itu, tidak satupun yang indikasi yang menunjukkan bahwa ada tindak pidana korupsi pada kasus itu.

“Ada dua tahap pemeriksaan saja yang menunjukkan bahwa ada tindak pidana korupsi di situ, maka kita berani nyatakan bahwa kasus Bank Century itu adalaha tindak pidana korupsi,” kata Haryono saat dihubungi Republika, Selasa (18/1).

Meski begitu, Haryono mengatakan pihaknya tetap mencoba melakukan penelusuran untuk mencari bukti bahwa ada tindak pidana korupsi di kasus itu. Pihaknya masih terus mencari dan mendalami berbagai data dan informasi yang diperoleh tersebut.

“Yang penting hingga saat ini tim penyelidik KPK masih terus bekerja keras dalam menangani kasus tersebut,” kata Haryono.*

 

KPK Belum Yakin Ada Korupsi di Kasus Century

Vivanews. Selasa, 18 Januari 2011, 15:27 WIB

VIVAnews – Pengungkapan skandal besar Bank Century nampaknya masih harus menunggu waktu lama. Sebab, hingga kini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga menemukan adanya indikasi dugaan tindak pidana korupsi dalam pengucuran dana sebesar Rp6,7 triliun itu ke Bank Century.

“Baik itu dari data DPR, BPK, termasuk hasil pemeriksaan kami terhadap sekitar 160 orang saksi, memang belum membuat kami yakin ada unsur tindak pidana korupsinya,” kata Wakil Ketua KPK, Haryono Umar, di Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Walau telah menerima hasil panitia angket DPR tentang skandal Bank Century, KPK belum juga bisa menaikkan kasus ini ke tingkat penyidikan.

Karena menurut Haryono, hingga kini KPK belum menemukan 2 alat bukti yang cukup untuk menyatakan adanya unsur korupsi dalam kasus tersebut. “Kalau menemukan 2 alat bukti yang cukup kami akan menaikkan ke penyidikan. Kalau kami masih belum puas maka akan kami lanjutkan,” tuturnya.

Dia menambahkan, jika memang dianggap tidak ada bukti, maka untuk sementara KPK bisa menghentikan penyelidikannya. “Belum ada bukan berarti tidak ada.”

Sebelumnya dalam sidang Kabinet Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan 4 instruksi untuk penuntasan kasus hukum Bank Century. Salah satu instrusi Presiden menyebutkan untuk menuntaskan semua kegiatan guna merespons hasil panitia angket DPR.

 


About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Berita Media. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s