Mahfud MD: Penanganan Kasus Century Sudah Tepat

Mahfud MD tentang kasus Century

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), M. Mahfud. MD menilai, penanganan kasus “bail out” Bank Century sebesar Rp. 6,7 triliun sampai saat ini sudah cukup tepat, baik secara politik dan hukum. “Kasus Bank Century secara politik dan hukum sudah berjalan `on the track` (sesuai jalur),” katanya usai menyampaikan orasi ilmiah “Dunia Hukum dan Peradaban Islam di Indonesia” di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Senin (21/12).

Menurutnya kasus Bank Century secara politik sudah ditangani oleh DPR, sementara proses hukumnya sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan akan segera ditangani secara bertiga dengan kejaksaan dan Polri. “Karena itu, saya merasa hukumnya sudah `on the track` demikian juga dengan proses politiknya yang sudah `on the track`,” kata mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut.

Berkaitan penyikapan MK terhadap kasus Bank Century, menurutnya MK saat ini belum memiliki komentar apa pun terkait kasus tersebut, sebab jembatan antara proses hukumnya dengan MK masih sangat jauh. “Kasus Bank Century saat ini sedang berjalan secara politik dan hukum, karena itu sebaiknya kita tunggu bagaimana penyelesaiannya,” katanya.

Ditanya tentang keefektifan langkah penonaktifan Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam penanganan kasus tersebut, ia menilai, langkah penonaktifan belum tentu efektif. “Bisa saja lebih efektif atau mungkin justru tidak efektif (langkah penonaktifan tersebut, red.), kita lihat saja perkembangannya,” katanya.

Ia menilai, terkait imbauan penonaktifan tersebut silakan diselesaikan secara politik, sebab imbauan politik sebaiknya diselesaikan secara politik. “Namun, secara hukum tidak ada aturan yang mengharuskan atau tidak mengharuskan langkah penonaktifan tersebut,” kata Mahfud. (Ant)

dikutip dari: TV One Online, 21 Desember 2009.

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Mahfud Bicara Sri Mulyani. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s