Mundur Terhormat ala Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati

JPNN, Rabu, 05 Mei 2010 , 11:43:00

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani dipastikan akan memenuhi permintaan para poltiisi DPR untuk mengundurkan diri. Ini jika Sri Mulyani menerima tawaran, sekaligus diizinkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menduduki posisi yang lebih terhormat sebagai salah seorang managing Director Bank Dunia. Bu Ani – begitu Sri Mulyani biasa di sapa- sebelumnya juga terpilih sebagai salah satu wanita berpengaruh di Asia akan menjadi wanita asia pertama yang duduk di jajaran puncak Bank Dunia.

Mengutip berita dari Reuters, keterangan resmi tentang itu dinyatakan oleh pihak Bank Dunia dalam pernyataannya, Selasa (4/5) waktu setempat. Presiden Bank Dunia Robert Zoellick mengatakan, Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan terkemuka saat ini, yang bisa memainkan peran kunci untuk memimpin Bank Dunia dalam menguatkan dukungan klien dan melaksanakan reformasi.

Sri bahkan disebutkan akan segera berkantor di Washington DC, per tanggal 1 Juni 2010, menggantikan Juan Jose Daboub yang akan mengakhiri masa jabatannya selama empat tahun terakhir. Dijelaskan pula bahwa jabatan managing director itu sendiri hanya satu tingkat di bawah Presiden Bank Dunia.

Seperti ditulis oleh BusinessWeek, Juan Jose Daboub, satu dari tiga managing director yang ada, akan resmi selesai bertugas pada 30 Juni depan. Selama ini, tugas managing director yang satu ini mencakup koordinasi di sekitar 74 negara, mulai dari kawasan Amerika Latin, Karibia, Asia Timur dan Pasifik, hingga Timur Tengah dan Afrika Utara. Daboub sendiri sebelumnya adalah mantan Menkeu El Salvador.

Menurut keterangan World Bank pula, managing director terakhir yang ditunjuk Zoellick adalah Ngozi Okonjo-Iweala, yang mantan Menkeu Nigeria, pada Oktober 2007 lalu. Sementara satu orang managing director lagi, Graeme Wheeler, sebelumnya pada Januari lalu, telah menyatakan pula bahwa ia pun bakal meninggalkan lembaga tersebut akhir bulan depan. Wheeler sendiri sebelumnya adalah salah seorang pejabat keuangan di Selandia Baru.

Penunjukan Sri sebagai Managing Director Bank Dunia itu bisa disebut menjadi catatan prestasi tersendiri. Pasalnya, selama ini belum pernah terjadi ada wakil (tokoh) dari Asia yang sampai pada posisi seperti yang ditawarkan kepada Sri tersebut. Sri sendiri, ketika ditemui usai acara Ikanas di Ritz-Carlton, Jakarta, mengakui bahwa informasi dan penunjukannya sebagai orang kedua di Bank Dunia tersebut adalah benar.

“Berita itu benar, dan saat ini saya tentu bergantung pada persetujuan dari Bapak Presiden. Saya akan tetap menjalankan tugas dan menjalankan proses sebagai Menteri Keuangan selama masa transisi satu minggu ini,” katanya.

Saat ditanya perihal surat pengunduran dirinya sebagai Menkeu, Sri mengatakan belum bisa memberikan keterangan resmi terlebih dahulu soal itu. “Sementara itu dulu statement dari saya. Tolong dihargai saya. Saya hanya membenarkan, bahwa memang penunjukan itu benar,” katanya singkat. (afz/ito/jpnn)

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Integritas, Kapabilitas, Pengalaman, dan Wawasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s