PDIP Sebut Sri Mulyani Agen IMF

Sri Mulyani saat memberi ceramah sebagai tamu Bank Dunia Filipina (foto: bank dunia filipina).

Jpnn.com, Senin, 04 Oktober 2010 , 05:05:00.

JAKARTA – Tak mudah bagi Sri Mulyani menjadi capres. Setelah namanya mengapung, menyusul diluncurkannya website pribadi berslogan I”ll Be Back, kini mulai muncul gesekan. Komentar negatif datang dari PDIP.

Sikap berjarak PDIP itu tak hanya berkaitan dengan kasus Century yang melibatkan mantan menteri keuangan tersebut. PDIP juga mempersoalkan aliran ideologi Sri Mulyani, yang dituding sudah sangat liberal. “Sri Mulyani adalah ekonom beraliran liberal,” kata Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto saat dihubungi, Minggu (3/10).

Dia menyebut Sri Mulyani sebagai sosok yang sangat propasar dan membawa spirit  individualisme. Bila sampai dipimpin Sri Mulyani, Bambang khawatir negara hanya dimanfaatkan sebagai regulator untuk memfasilitasi visi liberalisme tersebut.

“Sebagai pribadi, dia menarik. Tapi, pikirannya jelas tidak akan paralel dengan Pancasila,” kritik Bambang yang juga sekretaris Fraksi PDIP di DPR itu.

Dia menambahkan, Sri Mulyani pun bukan pribadi yang berdaulat. Bambang mencontohkan, begitu tersandung kasus Century, Sri Mulyani langsung ditarik IMF tanpa melamar. Sejak 1 Juni 2010, perempuan kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962, itu memang resmi menjabat managing director IMF (Bank Dunia) di Washington.

“Sri Mulyani mengakui sendiri itu. Dia tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi, apa opini kita atas fakta tersebut?” pancing dia.

Bambang menegaskan, sikap Sri Mulyani tidak bisa dilepaskan dari IMF. “Kesimpulan sederhananya, SMI (Sri Mulyani, Red) agen IMF. Masak, kita tega menyerahkan kepemimpinan negara kepada orang yang tidak punya daulat terhadap diri sendiri? Yang benar saja,” ucap dia.

Wasekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq bersikap sebaliknya. Dia tidak terlalu mempersoalkan pencalonan Sri Mulyani sebagai presiden. Dia malah mendorong doktor ekonomi lulusan University of Illinois, AS, itu, segera bergabung dengan partai politik. “Bagus, ada yang mulai ambil ancang-ancang untuk maju sebagai capres. Kalau mau serius, saya sarankan mulai sekarang bergabung dengan salah satu parpol. Ada banyak parpol, tinggal pilih,” papar mantan wakil ketua pansus angket Century yang kini didapuk fraksinya menjadi ketua Komisi I DPR itu.

Menurut dia, dalam kasus Century, sebenarnya banyak pihak yang yakin bahwa Sri Mulyani secara pribadi tidak korupsi, tidak menerima suap, dan tidak melakukan hal-hal tercela. Meski begitu, dalam posisi sebagai pejabat politik, bisa jadi Sri Mulyani mengambil kebijakan yang koruptif atau menguntungkan pihak-pihak tertentu. “Itu yang dipersoalkan,” ujar dia.

Karena itu, dia menegaskan, sepanjang proses hukum belum final, tidak boleh ada hak politik warga negara yang dibelenggu. “Kalau proses hukum di KPK menyatakan bersalah, ada konsekuensi hukum. Di situ, kita baru bisa menilai,” terang dia. (pri/c11tof)

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Sri Mulyani di Mata Tokoh. Bookmark the permalink.

One Response to PDIP Sebut Sri Mulyani Agen IMF

  1. poerbo says:

    Jangan ke lama’an,adukkan saja ke KPK atw Polisi,jangan sampe ikut ke garuk KPK !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s