Mahfud MD:Koruptor Pantas Dihukum Mati

Koruptor pantas dihukum mati.

SURABAYA–  Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai hukuman mati bagi para koruptor dianggap pantas menyusul kejahatannya yang banyak merugikan orang.

“Koruptor paling lama hanya dihukum 20  tahun penjaran, bahkan ada yang hanya  dihukum 3 sampai 4 tahun, padahal kejahatan  korupsi lebih merugikan orang banyak  dibanding dengan kejahatan kriminal,” kata  Mantan Menteri Pertahanan di era Presiden  KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), usai  memberikan orasi ilmiah di Universitas Dr  Soetomo (Unitomo) Surabaya, Sabtu  (16/10/2010).
Ia juga mengatakan, hukuman mati bagi  koruptor sangatlah pantas. Sebab, kejahatan  korupsi ini bersifat Masif. Sehingga sangat  merugikan masyarakat banyak. Berbeda dengan kejahatan kriminal yang hanya merugikan beberapa orang saja. Padahal dalam aturan sudah tertera jelas ada hukuman mati bagi terpidana korupsi. Namun vonis tersebut  tidak dilaksanakan di Indonesia.
Mantan anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) priode 2004-2008  ini mencontohkan di Cina, hukuman mati itu sudah dilaksanakan. Meski hanya sedikit  menekan angka korupsi namun tindakan  pemerintah seperti itu dapat membuat para  koruptor jera. “Minimal mereka (Koruptor- red) akan berpikir dua kali untuk melakukan  korupsi,” cetusnya.
Sebelumnya, Mahfud MD pernah mengusulkan  hal yang sama. Namun entah mengapa, wacana tersebut tenggelam. Bahkan juga diusulkan kasus korupsi ditangani oleh pengadilan khusus, yakni pengadilan Tipikor. Termasuk Mahfud juga pernah mengusulkan pembuktian terbalik bagi tersangka korupsi.
(Nurul Arifin – Okezone, Sabtu, 16 Oktober 2010 – 17:10 wib).

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s