Mahfud: Gubernur Dipilih DPRD Tak Salahi Konstitusi

Kepala Daerah bisa tidak dipilih langsung & tidak menyalahi konstitusi

REPUBLIKA.CO.ID (31/1/2011), JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan wacana gubernur dipilih oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memenuhi unsur konstitusional.”Mau dipilih DPRD atau dipilih langsung oleh masyrakat dua-duanya memenuhi unsur konstitusional,” kata Mahfud, kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Menurut dia, itu hanya pilihan politik saja, karena dalam UUD mengatakan gubernur, DPR, DPRD dipilih demokratis, tidak dikatakan dipilih DPR atau dipilih langsung.
“Kalau memang itu aturannya DPR dan pemerintah boleh memilih artinya itu soal pilihan saja, dipilih langsung boleh tidak juga. Dua dua nya konstitusional,” kata ketua MK.

Mahfud juga menilai pemilihan langsung gubernur dilihat dari asas manfaat justru menimbulkan kerusakan karena banyak politik uang yang terjadi sehingga merusak mental masyarakat. “Berdasar data di MK, pemilihan langsung merusak mental masyarakat, masyarakat tergantung uang dan terjadi kecurangan-kecurangan di antara semua pihak yang semuanya merusak,” ungkapnya.

Mahfud menilai jika gubernur dipilih oleh DPRD dan tetap dengan cara tidak benar, maka yang rusak hanya anggota DPRD saja buka masyarakat secara kebanyakan.
Dalam pemberitaan sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri sedang menggodok draft revisi atas UU No 32/2008 tentang Pemerintahan Daerah.

Salah satu materi perubahan UU itu antara lain memuat pemilihan gubernur dilakukan oleh DPRD provinsi dan tawaran lainnya adalah setiap provinsi diarahkan menggelar pilkada secara serentak dan dimaksudkan untuk menghemat biaya. Saat ini sedang dilakukan proses penyerapan aspirasi dari tokoh, pengamat, maupun partai politik terkait wacana tersebut.

“Banyak usulan yang masuk. Tapi semua usulan masih ditampung dulu. Semoga lancar sehingga bisa dibahas bersama DPR,” kata Mendagri Gamawan Fauzi, beberapa waktu lalu.

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Integritas, Kapabilitas, Pengalaman, dan Wawasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s