Duet Mahfud MD-Sri Mulyani Tak Tertandingi di 2014

Pasangan capres 2014 terkuat dari segi integritas dan kapabilitas

Okezone.com, Rabu, 16 Februari 2011 – 08:39 wib.

JAKARTA – Meski Pemilu masih tiga tahun lagi, pembicaraan mengenai calon presiden dan wakil presiden sudah menghangat. Bahkan, nama istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono sempat ramai dibicarakan media massa sebagai kandidat yang patut diperhitungkan.

Menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia, selain mempersiapkan kader politik untuk maju di Pilpres 2014, partai politik semestinya juga mempertimbangkan kandidat di luar parpol.

Dua nama yakni Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani, dinilai bakal menarik dukungan besar dari pemilih. Berikut petikan wawancara okezone dengan Arbi Sanit, Rabu 16 Desember 2011.


Siapa saja tokoh potensial untuk menjadi capres dan cawapres di 2014?

Menurut penilaian saya ada lima orang yang potensial yakni Mahfud MD, Sri Mulyani, Aburizal Bakrie, Rizal Ramli dan Ani Yudhoyono. Sri Mulyani dan Mahfud sebagai tokoh Indonesia yang punya dukungan kuat karena integritas dan kapabilitasnya.

Apa kekuatan Mahfud-Mulyani?

Penilaian tokoh potensial didasari pada tujuh kriteria. Pertama, dukungan popularitas berbasis partai; dukungan popularitas berbasis pengalaman; ketiga, integritas; keempat, pengalaman politik; kelima, pengalaman sebagai negarawan; keenam, pengalaman manajerial pengelolaan publik dan kriteria ketujuh yaitu pengalaman pembaharuan.

Nah, Mahfud dan Mulyani memenuhi sebagian besar kriteria tersebut. Lihat saja ketika Mahfud memimpin MK dan Sri Mulyani saat menjadi Menteri Keuangan, apa lagi yang diragukan dari keduanya?

Tetapi, Mahfud-Mulyani tidak berasal dari partai?

Soal dukungan politik itu bisa dicari dan dibangun. Nanti akan ada kompromi-kompromi dengan partai politik. Karena parpol saat ini kekurangan stok calon terbaik dari kader internal, sementara di luar partai ada beberapa yang potensial.

Di situ letak kelebihannya, Mahfud dan Sri Mulyani bisa mengambil kesempatan itu. Bila memang terjadi kompromi untuk menggaet kedua orang itu, sudah dipastikan kemenangan ada di mereka.

Akankah parpol rela merekrut kader di luar partai?

Pasti ada kompromi. Ke depan semua partai akan ikut permainan, partai bicara kemenangan bukan kekalahan. Yang kedua apakah partai itu mau menyumbang keberhasilan pengelolaan negara? itu ditentukan dengan pilihan kandidat capres yang diusung.

Apakah Mahfud-Mulyani harus bersiap diri mulai saat ini?

Jangan sekarang, kerjanya di akhir tahun 2012 saja. Sekarang biar mereka bekerja untuk negara. Kalau dipaksakan kerja kampanye sekarang malah berantakan. Tak perlu ribut-ribut soal capres sekarang, kalau bicara selintas ya bolehlah untuk sekedar membahas. Banyak tandingan, tapi soal ranking terbaik, ada di dua orang itu.
(fer)

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Duet Mahfud MD-Sri Mulyani. Bookmark the permalink.

Leave a comment