Mahfud MD: Tak Usah Teori, Transparan Aja

Mahfud MD: Presiden bisa campur tangan masalah hukum

Presiden boleh ikut campur masalah hukum di tingkat eksekutif.

JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengusulkan agar seluruh penegak hukum mengedepankan keterbukaan agar mudah diawasi publik dan memberantas keberadaan mafia hukum.

Manakala ada oknum penegak hukum yang terlibat kasus, seharusnya rekan-rekannya tidak usah rikuh melakukan pemeriksaan dan jangan ada upaya melindungi.

“Strateginya (melawan mafia) tidak usah teori. Karena teori sudah habis dipelajari di kampus dan kita hanya berputar-putar di situ saja. Tetapi strateginya keterbukaan saja untuk membuat publik ikut mengawasi,” katanya dalam diskusi para penegak hukum yang dimotori oleh Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/12/2010).

Mahfud menilai, selama ini ada dua bentuk mafia yakni yang bersifat sitematis seperti Gayus Halomoan Tambunan dan mafia eceran yang bertindak sebagai makelar kasus. Meski mendorong keterbuaan, Mahfud tetap menekankan pentingnya perlindungan terhadap nama baik para aparat hukum. Artinya, mereka yang tidak terbukti bersalah harus dipulihkan nama baiknya dan pihak yang menuduh harus bertanggungjawab.

Kepada Satgas, Mahfud juga mengusulkan agar pengaduan-pengaduan masyarakat yang diterima institusi tersebut dibuka dan disampaikan kepada publik sejauh mana penanganan, kendala, dan capaiannya.

“Memang ada asas praduga tak bersalah, tetapi kita bisa ukur. Terakhir saya mengusulkan, saya agak meluruskan pandangan bahwa presiden tidak boleh ikut campur penegakan hukum. Menurut saya, Presiden wajib ikut campur di tingkat eksekutif, karena penegak hukum di eksekutif itu Presiden baru dibantu Jaksa Agung. Presiden tak boleh ikut campur di peradilan. Kalau sudah di MA dan MK, Presiden tak boleh ikut campur dan ke depan rekomendasi Satgas kepada Presiden harus teknis ikut campur dalam proses hukum,” katanya.(ram)

dikutip dari okezone.com. 22 Desember 2010.

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Integritas, Kapabilitas, Pengalaman, dan Wawasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s