Sri Mulyani Didukung jadi Presiden RI 2014

SMI: Tahun 2014 masih lama

Jpnn, Rabu, 19 Mei 2010 , 19:10:00

JAKARTA – Presiden SBY disebutkan bakal segera mengumumkan nama Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru, Rabu (19/5) malam ini, di Cikeas. Sementara itu, Sri Mulyani Indrawati (SMI) justru terlihat tenang dan menikmati momen-momen terakhirnya menjabat sebagai Menkeu, sebelum tanggal 26 Mei depan bertolak ke Washington DC untuk menjalani tugas sebagai Managing Director World Bank.

Setelah sepanjang hari menghadiri berbagai acara perpisahan, baik di jajaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) maupun bersama sivitas akademika di LPM UI, Rabu (19/5) sore, Sri Mulyani terlihat meluangkan waktu untuk melayani sebuah life chatting yang dilakukan oleh sebuah media online, di ruang kerjanya di kantor Kemkeu. Berbagai pertanyaan pun menyerbu Sri Mulyani di situ. Namun yang paling menarik, selain menyatakan dukungan atas kepindahannya ke World Bank, SMI juga mendapat dukungan untuk menjadi calon presiden (capres) pada tahun 2014 mendatang. Terhadap itu, Sri hanya menjawab singkat, “Tahun 2014 masih lama.”

Dukungan untuk menjadi capres di tahun 2014 itu, terlihat begitu banyak masuk dalam daftar pertanyaan. Contohnya, dari seseorang ber-ID Enicmatic_al, yang menanyakan seandainya dia menjadi Presiden, apakah SMI mau menjadi Menkeu lagi? Sri Mulyani justru menjawabnya dengan bercanda, “Sebaiknya anda terpilih dulu menjadi Presiden, baru saya bicara belakangan.”

Dalam live chatting tersebut, Sri pun banyak menjawab berbagai pertanyaan unik dan menarik. Misalnya saja, ada yang bertanya perihal apakah Sri Mulyani pernah memasak nasi goreng untuk Presiden SBY. SMI pun menjawabnya dengan menuliskan, “Seingat saya, memasak nasi goreng untuk anak saja tidak pernah, apalagi untuk Pak SBY.” Sementara di beberapa jawaban chat lainnya, Sri juga mengungkapkan bahwa dirinya bukanlah wanita hebat, melainkan (hanya) wanita beruntung yang memiliki keluarga yang hebat.

Saat ada yang bertanya, apa yang akan dirindukannya dari Indonesia setelah nanti tidak lagi berada di tanah air, Sri Mulyani mencatatkan jawaban (bahwa ia) akan merindukan makanan yang enak, nyiur melambai, tanah yang wangi, padi yang menguning, juga Jakarta yang bising. “Semua itu akan membuat saya rindu,” tulisnya. Saat ada yang bertanya di manakah alamatnya di Washington DC, karena akan mengirimkan paket hadiah, Sri mengaku belum memiliki rumah di tempat tugas barunya nanti. “Kirimkan saja ke Departemen Keuangan. Nanti mereka akan mengirimkan ke alamat saya,” tawar Sri memberi jawaban.

Dalam kesempatan tersebut, SMI pun sempat menjawab pertanyaan perihal penyelesaian kasus Century. Saat ada yang bertanya, bagaimana sikap para bankir terkait Century, Sri mengatakan kalau para bankir sependapat bahwa bailout Century adalah langkah yang tepat dalam menyelamatkan bangsa saat itu. “Para bankir menyatakan bahwa penyelamatan sistem keuangan dan perbankan merupakan kebijakan yang tepat dalam mengatasi dampak krisis global. Namun sayang, tidak ada satupun bankir yang diundang oleh Pansus untuk menyampaikan pandangannya dalam kasus Bank Century. Itu menunjukkan bahwa proses politik yang terjadi, tidak dilandasi oleh niat baik untuk membuka kebenaran dan mencari akar persoalan dari masalah Bank Century,” tulisnya memberi jawaban.

Di penghujung kegiatan chatting itu, Sri pun lantas mengakhiri interaksinya dengan masyarakat Indonesia via internet itu dengan ucapan terima kasih. “Terima kasih atas pertanyaan-pertanyaannya. I love u full. I’ll be back,” tulisnya pula, sambil memasang emoticon berbentuk senyuman.

Sementara itu, dari istana dikabarkan bahwa pengganti Sri Mulyani akan diumumkan oleh Presiden SBY di kediamannya, di kawasan Puri Cikeas, pada pukul 19.30 WIB. Beberapa nama kandidat yang coba dihubungi wartawan, memilih untuk tidak banyak berkomentar. Anggito Abimanyu, Kepala BKF yang disebut-sebut berpeluang menjadi Menkeu, kepada wartawan hanya berkata singkat, “Kita lihat saja nanti.”

Hal senada pun diungkapkan oleh Kepala PPN/Bappenas Armida Alisjahbana dalam pesan singkatnya pada wartawan. “Wait and see,” tulisnya. (afz/jpnn)

About MAHFUD MD - SRI MULYANI FOR 2014

Menggagas Duet Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati pada Pilpres 2014
This entry was posted in Sisi Lain Sri Mulyani. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s