Siapa Mahfud MD?

mahfud md

Prof. Dr. Mahfud MD

Mohammad Mahfud MD: Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2011

Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH, SU, terpilih menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2011. Ia didampingi Abdul Muhktie Fadjar sebagai wakil ketua MK. Pemilihan berlangsung terbuka di ruang sidang pleno gedung MK, Jakarta, Selasa (19/8/2008). Mahfud menggantikan Jimly Asshiddiqie yang sudah dua periode menjabat ketua MK.

Pemilihan Ketua MK yang diikuti sembilan hakim konstitusi berlangsung dua putaran. Pada putaran pertama, Mahfud dan Jimly sama-sama meraih empat suara dan satu suara abstain. Pada putaran kedua, Mahfud unggul atas Jimly dengan 5-4 suara.

Mahfud, pria kelahiran Sampang, Madura, 13 Mei 1957, itu adalah alumnus dan guru besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, juga lulusan Fakultas Sastra dan Kebudayaan serta doktor hukum tata negara UGM. Sebelumnya, ia anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR dan mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur (Kabinet Persatuan Nasional). Ia terpilih menjadi hakim konstitusi di DPR dan dilantik menjadi hakim konstitusi pada 1 April 2008.

Suasana demokratis terlihat selama proses pemilihan. Mahfud, sesaat setelah terpilih, langsung menghampiri Jimly dan saling berjabat tangan. Jimly pun mengucapkan selamat dan mendukung ketua baru MK. Mahfud juga menilai Jimly Asshiddiqie telah membawa MK dikenal publik sebagai lembaga yang transparan dan akuntabel. Kemudian ia berjanji akan menjaga independensi dan netralitas MK serta bertindak sebagai negarawan dalam setiap keputusannya. Sekarang, saya menjadi negarawan, dulu politikus,” kata Mahfud. Selama ini Jimly pun, selaku ketua MK, telah menunjukkan diri sebagai negarawan.

Sementara, pemilihan wakil ketua MK berlangsung lebih a lot dalam tiga putaran. Putaran pertama, empat hakim konstitusi meraih suara, yakni Abdul Mukthie Fadjar (dua suara), Maruarar Siahaan (dua suara), M Akil Mochtar (tiga suara), dan M Arsyad Sanusi (satu suara). Satu suara, abstain.

Sesuai Tata Tertib MK, jika belum ada yang meraih 50 persen suara, proses pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua. Pada putaran kedua, Mukthie meraih empat suara, Maruarar tiga suara, dan Akil dua suara. Belum juga ada yang mencapai 50 persen suara. Pemungutan suara putaran ketiga dilakukan dengan memilih dua kandidat peraih suara tertinggi. Akhirnya, Mukhtie, lulusan Fakultas Hukum UGM pada 1970, terpilih dengan meraih lima suara, mengalahkan Maruarar yang meraih empat suara (Sumber: Tokoh Indonesia, http://www.tokohindonesia.com/ensiklopedi/m/mahfud-md/index.shtml).

Nama Moh. Mahfud MD
Alamat Jl. Medan Merdeka Barat No.6 Jakarta Pusat
Tempat/Tanggal Lahir Sampang, Madura / 13 Mei 1957
Agama Islam
Jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi RI
Pendidikan 1. Madrasah Ibtida’iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura.
2. SD Negeri Waru Pamekasan, Madura.
3. Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), SLTP.
4 Tahun, Pamekasan Madura 4. Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), SLTA 3 Tahun,
Yogyakarta.
5. S1 Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII),
Yogyakarta.
6. S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan (Sasdaya) Jurusan Sastra Arab, Universitas
Gajah Mada, Yogyakarta.
7. Program Pasca Sarjana S2, Ilmu Politik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
8. Program Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Karir H Moh Mahfud MD lebih dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984. Sebelum menjabat sebagai Hakim Konstitusi Prof Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI (2000-2001), Menteri Kehakiman dan HAM (2001), Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (2002-2005), Rektor Universitas Islam Kadiri (2003-2006), Anggota DPR-RI, duduk Komisi III (2004-2006), Anggota DPR-RI, duduk Komisi I (2006-2007), Anggota DPR-RI, duduk di Komisi III (2007-2008), Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008), Anggota Tim Konsultan Ahli Pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Republik Indonesia. Selain itu, beliau juga masih aktif mengajar di Universitas Islam Indonesia (UII), UGM, UNS, UI, Unsoed, dan lebih dari 10 Universitas lainnya pada program Pasca Sarjana S2 & S3. Mata kuliah yang diajarkan adalah Politik Hukum, Hukum Tata Negara, Negara Hukum dan Demokrasi serta pembimbing penulisan tesis dan desertasi.
Organisasi Mahkamah Konstitusi RI

(Sumber: http://www.mahfudmd.com)

9 Responses to Siapa Mahfud MD?

  1. Ronny S. says:

    sepertinya saya setuju untuk dukung Pa Mahfud dan Ibu Sri Mulyani menjadi CaPres dan CaWapres. Kalo soal posisi yang ngikutin ajah deh . karena kedua-duanya orang yang berkualitas dan berintegritas serta punya komitment tinggi terhadap bangsa ini.
    bravo Mahfud – Sri Mulyani.

  2. Iswandir. se, mm. says:

    sangat setuju duet Pak Mahfud MD dengan Sri MI for president 2014, smoga Allah SWT memudahkan jln kepadanya untuk bisa menjadi orang No.1 dan 2 di Republik Indonesia amiiin.

  3. Muhammad Hatta says:

    cocok juga saya dukung tegak hukum di negeri ini!!!!!negara sudah darurat

  4. bramsida says:

    aku pribadi sangat mengagumi jiwa pak mahfud ,,,,, saya sangat mendukung trus ap yang beliau lakukan melawan korupsi di negri in…… maju trus pak ,,,,,

  5. Sudah saatnya Hukum ditegakkan di Indonesia, itu bisa terlaksana kalau pemimpin bangsa ini “Benar – Benar Berani Bicara dan Bertindak Benar”. Ibu Sri MI & Pak KH. Mahfud MD sepertinya cocok dijodohkan untuk memimpin bangsa ini, menjadi orang nomor satu dan dua. Karena yang satu Ahli Hukum Tata Negara, dan yang satunya lagi Ahli Hukum Ekonomi. jangan lupa : Sikat Habis Koruptor Kelas2 Kakap.
    Selamat dan Kita Dukung.

  6. syamsul arifin says:

    yg terpenting diantaranya adalah menjaga kedua tokoh ini agar terselamatkan dari tangan2 kotor yg biasa berbaju bunglon. Dan rakyat perlu disadarkan kalau sikap melacur yg terus berkembang saat ini, akan menghancurkan setiap diri, keluarga, bangsa dan negara. Kesadaran harus dimulai dari diri sendiri, mengaca diri. Indonesia bisa jaya kalau mau.

  7. Dari sekian calon yang muncul kepermukaan Pak Mahfud,sepertinya tokoh yang Paling bersih dari Hiruk Pikuk,Korupsi dan populer karena prestasi..indikasi Nepotisme dalam meraih jabatan cenderung clean..semoga Alloh SWT,menganugerahkan beliau sebagai Presiden RI di masa yg berikutnya..amiin..

  8. Abu Choir says:

    Saya mendukung Mahfud MD untuk maju sebagai capres 2014. Tetapi jika berpasangan dengan Sri Mulyani, …… nanti dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s